Objek Wisata Eksotis Labuan Bajo

Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Berbagai tempat wisata juga sudah mulai dibuka. Itu berarti ini merupakan waktu yang tepat untuk merencanakan ingin menghabiskan waktu liburan di tempat-tempat yang menarik. Walaupun sekarang situasi sudah dinilai aman untuk melakukan liburan, tetapi tetap harus menjalankan protokol kesehatan agar benar-benar aman dari virus dan penyakit.

Tempat wisata yang dinilai lebih aman yaitu wisata alam, karena di tempat terbuka kita bisa lebih leluasa menjaga jarak agar tidak berkerumun dengan orang lain. Di Indonesia sendiri merupakan surganya wisata alam yang menarik dan eksotis, salah satunya adalah Labuan Bajo. Bisa dibilang Labuan Bajo bukan lagi merupakan surga tersembunyi yang ada di Indonesia. Sebab sudah banyak sekali yang tahu bahwa tempat yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini menyimpan berbagai objek wisata eksotis nan menarik.

Mungkin sebagian orang akan langsung membayangkan Taman Nasional Komodo di Pulau  Komodo jika mendengar kata Labuan Bajo. Ini memang benar karena Taman Nasional Komodo dan Labuan Bajo merupakan satu entitas yang sangat erat kaitannya. Taman Nasional Komodo sendiri telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1991. Siapa saja pasti akan terpesona jika telah menginjakkan kaki di Taman Nasional Komodo. Sebab nantinya para pengunjung bisa menyaksikan beberapa atraksi yang menakjubkan dari kadal raksasa di dunia ini.

Ditambah lagi Taman Nasional Komodo juga terkenal dengan panoramanya yang sangat mempesona. Pengunjung bisa mengabadikan panorama alam yang luar biasa di Pulau Komodo bersama dengan komodo secara langsung dengan didampingi oleh guide yang berpengalaman. Namun bukan hanya Taman Nasional Komodo saja, masih banyak lagi objek wisata eksotis di Labuan Bajo yang wajib dikunjungi. Pengunjung juga bisa melakukan berbagai hal di tempat-tempat yang luar biasa ini sembari merilekskan diri selama menghabiskan masa liburan. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya.

Objek-Objek Wisata Eksotis di Labuan Bajo yang Wajib Dikunjungi

Labuan Bajo adalah salah satu destinasi wisata terfavorit dan terpopuler di Indonesia sebab menawarkan keindahan ragam objek wisatanya yang terkenal hingga ke mancanegara. Raja Hal ini disebabkan memang objek wisata yang berada di Labuan Bajo memiliki bentang alam yang asri dan eksotis. Nah berikut ini beberapa objek wisata eksotis di Labuan Bajo yang wajib dikunjungi.

1. Pulau Padar

Pengunjung yang mendatangi Pulau Padar akan langsung menyaksikan keindahan gugusan pulau yang eksotis dan perbukitan yang cantik. Perbukitan yang ada di Pulau Padar ini dipenuhi dengan rambutan hijau tanpa adanya pepohonan yang tinggi. Pulau Padar juga menjadi habitat hewan komodo serta dikenal memiliki sifat fotografi terbaik di Labuan Bajo. Jika pengunjung naik ke bukit di Pulau Padar, maka pengunjung bisa menyaksikan lanskap alam daratan dan perairan labuan bajo. Nah waktu terbaik untuk melakukan sesi foto agar hasilnya menakjubkan adalah ketika sunset. Itulah sebabnya banyak yang memiliki hobi fotografi lebih memilih mengunjungi tempat ini di sore hari menjelang malam agar mendapatkan angle foto terbaik di Pulau Padar.

2. Pulau Kanawa

Bagi yang memiliki hobi diving dan snorkeling, wajib banget mengunjungi Pulau Kanawa. Pulau yang memiliki yang memiliki luas 35 hektar ini menyajikan air laut yang sangat jernih serta keindahan bawah laut yang sangat mempesona. Pengunjung bisa menyaksikan berbagai terumbu karang warna-warni berseri yang menjadi tempat tinggal dan bermain berbagai hewan laut seperti berbagai ikan hias yang cantik dari atas permukaan air. Selain itu pengunjung juga bisa menyaksikan penyu hingga hiu di area dangkal jika beruntung.

Bukan hanya itu saja, pantai yang ada di Pulau Kanawa ini juga tidak kalah indah dengan menawarkan hamparan pasir putih yang sangat bersih. Sebenarnya Pulau Kanawa dikelola secara pribadi oleh masyarakat setempat. Masyarakat dan pemerintah setempat juga mempunyai aturan yang sangat ketat mengenai kebersihan pulau dengan cara melarang dengan tegas wisatawan membuang sampah sembarangan agar Pulau Kanawa ini tetap terjaga keasrian dan kebersihannya.

3. Pink Beach

Seperti namanya, Pink Beach merupakan pulau yang sangat memikat karena pasir yang ada di pantai ini didominasi oleh warna cenderung pink atau merah muda. Bukan hanya itu, Pink Beach juga dikelilingi oleh tebing dan gunung kapur khas pulau Komodo.

Terlebih lagi di tempat ini pengunjung juga bisa melakukan diving dan snorkling untuk menyaksikan keindahan bawah lautnya. Pengunjung pastinya akan langsung dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah dan tak terlupakan. Di sini pengunjung bisa mengamati berbagai keindahan biota laut yang berada di sekitar Pink Beach.

4. Taka Makassar

Keunikan dari Taka Makassar yaitu pengunjung hanya bisa menyaksikan pulau ini jika air sedang surut. Taka Makassar juga menjadi salah satu spot diving dan snorkeling di Labuan Bajo yang tak kalah memikat. Pada dasarnya Taka Makassar ini adalah pulau pasir yang dikelilingi oleh terumbu karang yang sangat cantik. Di objek wisata yang satu ini pengunjung bisa menyaksikan secara langsung berbagai biota laut yang menarik untuk dilihat.

5. Desa Adat Wae Rebo

Bukan hanya menyediakan panorama keindahan alam, pengunjung juga bisa menemukan kekayaan budaya di Labuan Bajo, tepatnya yaitu di Wae Rebo. Desa Adat Wae Rebo ini menjadi daya tarik utama di labuan bajo karena pengunjung bisa menemukan rumah rumah adat yang mempunyai arsitektur tradisional yang menarik dan unik. Di sini pengunjung bisa merasakan kehidupan adat suku Manggarai yang masih sangat tradisional.

6. Gua Ranko

Gua Ranko ini seperti surga tersembunyi di Labuan Bajo karena menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis. Gua Ranko berada di ceruk bumi yang dialiri oleh air asin jernih berwarna kebiruan. Di tempat ini pengunjung bisa menyusuri keindahan gugusan stalaktit dengan berenang di dalam Gua Ranko yang disebut juga dengan Goa Buaya.

7. Gili Laba

Gili Laba merupakan pulau kecil yang masih berada di kawasan Taman Nasional Komodo. Objek wisata ini sangat terkenal akan keindahannya. Gili Laba menawarkan bentang alam yang sangat eksotis dengan bentangan perbukitan yang dibingkai oleh birunya hamparan laut. Ketika memasuki musim kemarau, pengunjung bisa melihat Gili Laba yang berwarna kecoklatan seperti Savana di Afrika tetapi akan melihat Gili Laba yang asri dan kehijauan yang menyegarkan ketika memasuki musim hujan.

Itulah beberapa objek wisata eksotis di Labuan Bajo yang tidak boleh dilewatkan. Untuk mencapai ke berbagai objek wisata tersebut, kamu bisa mencari agen perjalanan yang menawarkan trip murah Labuan Bajo yang menawarkan tour ke berbagai objek wisata di Labuan Bajo. Biasanya mereka akan menawarkan akses yang mudah untuk menyusuri berbagai objek wisata yang dapat didatangi oleh pengunjung seperti kapal yang harus di sewa, pembelian tiket untuk masuk ke objek wisata dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *